Sudah tak ingat lagi ini malam keberapa aku mengalami insomnia…., banyak pikiran yang menggangu silih berganti datang dan pergi, banyak pertanyaan yang belum terjawab, banyak hal yang terbayang dan sama sekali belum terwujud, banyak rasa yang mengganjal di hati,pikiran dan perasaan. Semua hal itu menyababkan kekecewaan, kekhawatiran, kebingungan, dan pertanyaan baru? Mengapa, siapa, kapan, dimana, apa hubungannya, bagaimana, dan masih banyak lagi pertanyaan yang menyerangku…, oh..pikiranku sendiri telah menyerangku..!

“copot bentar simpen otak ne dalem toples, besok pagi pasang agi” aku berkata dalam hati.

Andai itu bisa aku lakukan, mungkin badan ini bisa istirahat untuk sejenak, mempersiapkannya tuk melalui semua aktifitas esok hari. Huft…, mengapa harus tiap jam 09:00pm mata ini mulai terus terbelalak sampai jam 04:00am memenuhi permintaan ne otak…, memang semua perintah dikuasai oleh otak.., tapi ragaku juga butuh istirahat.

“Mr.brain…please…kasih kami (raga) waktu tuk istirahat, bahkan anda (Mr.brain) masih bisa bekerja

ketika kami sedang terlelap..,” ucap ragaku.

Yah memang bener otak kita ne masih bisa kerja walau kita sedang terlelap atau tak sadarkan diri…, dia menghadirkan mimpi-mimpi atau bayangan, baik itu tentang masa lalu, ataupun efek-efek dari hal-hal yang telah kita lakukan siang harinya.

“Argh… apapun itu harusnya adil dong…beri kami (raga) istirahat. Anda (Mr.Brain) enak, hanya diam dikepala…, sedang kami harus berkoordinasi bergerak aktif, menerima segala perintah anda…, tolong lah beri kami 1/3 waktu dalam sehari untuk beristirahat” ragaku berkata.

Hahahaha…sudah cukup sampai sini aja aku berkhayal tentang curahan hati dari sebuah raga, tapi mungkin itu yang akan dikatakan oleh tiap organ dalam ragaku apabila mereka bisa berbicara. Oleh karena itu aku akan mewakili mereka untuk menyampaikan keluh kesahnya, melalui sebuah surat sebagai berikut:

 

Dear My Brain…,

Apa kabarmu disana…, apakah kamu baik-baik saja? Sedang sibuk apa sekarang? Ku harap kamu tetep jaga kesehatan walaupun kesibukan selalu menjadi bagian dari hidupmu. Owhya brain…, kemarin aku bertemu dengan organ-organ yang ada dalam ragaku, kami sempet ngobrol lama, dalam obrolan kami mereka menceritakan keluh kesah, derita dan kesakitan yang mereka alami yang diakibatkan olehmu…, apakah itu benar? mM…begini..,maaf sebelumnya ya Brain, kamu boleh sibuk memikirkan banyak hal, tapi ingat, semua organ yang ada diragaku ini semua terkoordinasi dalam satu kesatuan, ketika satu merasa tidak beres maka akan merugikan semuanya. Mulailah mengerti mereka, berikan mereka waktu untuk istirahat.., jangan paksa menerima dan ikut merasakan kesibukanmu dan perintahmu 24 jam penuh dalam sehari. Beri mereka waktu istirahat minimal 1/3 waktu dalam sehari untuk mengembalikan kebugarannya…, sehingga esok hari mereka bisa fit dan kembali beraktifitas, bergerak menerima semua perintah-perintahmu.

Okey cukup segini aja surat dariku.., aku percayakan mereka semua padamu… jaga baik-baik mereka…,

 

Your owner,

 

 

~hanya pembungkus kado~