MESIN 2 LANGKAH
Disebut mesin 2 langkah karena  untuk menghasikan satu kali tenaga hanya memerlukan 2 kali langkah piston.

Siklus Kerja Mesin 2 Langkah
1. Piston bergerak dari TMB ke TMA

  • Saat langkah ini terjadi langkah hisap dan langkah kompresi, dimana saat piston bergerak keatas maka dibagian karter akan terjadi kevakuman sehingga bahan bakar akan tersedot masuk ke karter. Sementara itu dibagian atas piston setelah lubang tertutup akan terjadi langkah kompresi pembakaran (sekunder).

2. Piston bergerak dari TMA ke TMB

  • Dalam langkah kedua ini terjadi langkah usaha dan langkah buang. setelah terjadi kompresi sekunder maka terjadi pembakaran sehingga akan medorong piston kembali kebawah, terjadilah langkah usaha. Kemudian setelah lubang buang terbuka maka terjadi langkah buang dimana sisa pembakaran akan terbuang melalui kenalpot. Semakin piston turun kebawah maka diruang karter akan terjadi kompresi karter, dimana dengan adanya kompresi karter (primer) ini akan mendorong bahan bakar yang sudah ada di karteruntuk keluar kebagian atas piston melalui lubang trasfer. Bahan bakar yang keluar dari lubang transfer inilah yang nantinya akan dikompresi untuk pembakaran sekaligus digunakan untuk pembilasan/mendorong sisa-sisa pembakaran keluar pada langkah sebelumnya.

KOMPONEN KEPALA SILINDER MESIN 2 LANGKAH
Dalam mesin 2 langkah kepala silindernya hanya terdiri dari ruang bakar, yang dirinci umumnya terdiri dari :

  1. Squish Dome (kubah pembakaran) fungsinya sebagai tempat terjadinya pembakaran
  2. Sudut Squish, fungsinya sebagai penyearah supaya bahan bakar dapat lebih fokus menuju kubah pembakaran.
  3. Nat, fungsinya sebagai pengaman jarak antara permukaan piston dengan ruang bakar supaya tidak beradu saat piston di TMA.

~hanyapembungkuskado~

Note:  jangan lupa tinggalin kommentnya gan.., tinggal isi aja kolom kosong dibawah ini..,

Matur nuwun,,,